Tuesday, April 30, 2013

Donat Ceria

Habis ngerjain 800 pack brownie itu, ezra masih maksain aq untuk jualan di Bazaar sekolah hari sabtunya, tak bantuin buk biarpun cuma jualan brownies katanya. entah apa juga yang mendorongnya, padahal tahun lalu aq jualan di bazaar itu, dia malah malu2 karena ibuknya jualan. but now, he support me....

Ya udahlah ngalah, walau ngreghes rasane ^^, aq putusin bikin donat, karena anak sekolah pasti suka-lah ya.....snack yang tak lekang oleh waktu. Ezra nganterin aq beli kentang hahaha....ibu mana yang tahan klo anak sudah segitu semangatnya?

Bikin donat 40 biji, brownies pandan 2 loyang ( uk 22 x 22 x 4 ), coklat 2 loyang dan cupcakes 22 biji doang, biar ada macem. Sabtu pagi karena aq masih nyelesai-in si cuppies, ezra bantu bawain brownies duluan sama bapaknya. dia pulang lagi nungguin aq nyelesain. Jam 7 kurang baru berangkat sambil bawa donat and cuppies ( bazaarnya mulai jam 6 pagi ). Belum sempat naruh udah ada yang beli, belum difotoin udah habis...alhamdulillah. ga sampek 1 jam terjual habis. guru2 anakku banyak yang kecewa karena ga kebagian katanya, padahal jam 6 tadi udah cek kesini lo bu, tapi ibu belum datang katanya...( berasa punya penggemar you know hahaha lebay )

Ezra seneng, aq juga, suami yang pulang dulu karena takut nunggu aq kabarin untuk jemput. Bersyukuur banget ya Allah....pengalaman menyenangkan bersama keluarga.

Again, capek tapi seneng. ^^

Dan karena ga ada fotonya sama sekali, ini aq sertakan step by step pembuatan donat-nya waktu dimuat di tabloid lezaat maret kemarin ya....semoga bermanfaat teman2 ^^


Donat Ceria:
Bahan: 
500 gram terigu protein tinggi ( cakra )
250 gram kentang kukus, haluskan
2 sdt fermipan
2 butir telur
100 gram gula pasir
125 gram mentega
100 ml air

Cara membuat:
Campur semua bahan jadi satu, uleni sampai kalis elastis, di mixer juga boleh ( asal kuat mixernya ya he.he)
Diamkan 30 menit. kempiskan, timbang @ 50 gram, diamkan lagi 45 menit. goreng dengan 1 x balik saja agar donat tidak menyerap minyak. Beri topping sesuai selera. ( klo punyaku itu pake coklat warna punya marcolade, trus yang bulet2 itu namanya cryspi balls - warna-warni rasa coklat juga ).

hasil jadi 20-22 buah 

No comments: